Jakarta, KompasOtomotif – Merek sepeda motor asal Amerika Serikat, Cleveland Cyclewerks, tiba-tiba muncul lagi dengan rencana aktivitas baru. Di bawah kendali payung baru, tunggangan beraliran kustom itu seakan berusaha bangkit setelah mati suri sejak diperkenalkan dua tahun lalu.

Hak keagenan Cleveland Cyclewerks kini dimiliki PT Sumatra Motors Indonesia (SMI), dan akan kembali start dari nol. Pada 2014 silam, merek ini sudah sempat mulai dipasarkan PT Javas Cyclewerks, dikomandani Dhani M Yahya yang kini berlabuh di Garansindo mengawal brand Ducati.

Sebagai langkah awal, Cleveland di bawah payung SMI langsung geber gas dengan mendukung salah satu band pop, d’Masiv. Gurp asal Bandung itu sedang berusaha mencatatkan rekor MURI jumlah penampilan musik terbanyak oleh band musik dalam satu hari, yakni 50 kali di 50 tempat berbeda.

Upaya itu akan dilakukan selama lebih dari 12 jam, dengan tujuh motor Cleveland CycleWerks tipe Ace bermesin 250 cc, mencapai lima puluh lokasi. Perjalanan dimulai dari Jakarta dan berakhir di Tangerang, Banten.

”Kegiatan dengan konsep sepert ini sangat menginspirasi, dan sejalan dengan filosofi Cleveland CycleWerks yang berpihak pada kreativitas dan inovasi,” ujar Hendra Setiawan, Presiden Direktur SMI, dalam siaran resmi (6/12/2016).

Motor-motor Cleveland diklaim cocok untuk bahan modifikasi.

Motor-motor Cleveland diklaim cocok untuk bahan modifikasi.

Kanvas Putih

Memang, Cleveland punya filosofi yang sejak dulu ditanam, yakni menjadi ”kanvas putih” bagi penggemar kustom. Setiap model siap menjadi bahan modifikasi dengan basic yang sudah siap rombak.
Sementara Cleveland Ace Deluxe yang dipakai dalam acara ini adalah salah satu dari model klasik yang ditawarkan untuk pasar Indonesia. Motor bermesin 250 cc itu diklaim cocok untuk harian, dibuktikan dengan kegiatan mengantar personil d’Masiv menembus jalanan padat Jakarta dan sekitarnya.

Tipe lain dari yang juga bakal menjadi peluru adalah tipe Heist (250 cc), Misfit (250 dan 500 cc). Sama dengan negara-negara lain, SMI akan memasarkan motor-motor modern seperti tipe trail FXX (110cc – Matic) Off Road, FXR (110cc – Matic) On Road dan (125cc – Clutch) On Road, serta dua versi tipe Hooligun yang berkapasitas mesin 250cc dan 450cc, untuk Off Road dan Hooligun R – On Road.

Cleveland Cyclewerks Indonesia berencana mulai memasarkan seluruh jenis motornya setelah launching showroom pada kuartal pertama 2017 nanti.

Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2016/12/06/162200315/cleveland.kembali.menggeliat.di.indonesia