KOMPAS.com – Cleveland Ace Cafe 400 akan jadi senjata baru Cleveland Cyclewerks di kancah roda dua nasional. Motor bergaya cafe racer ini rencananya akan meluncur akhir Juli atau Agustus 2019. Ace Cafe 400 merupakan model baru Cleveland yang mengusung mesin berkubikasi 400 cc. Melengkapi model-model yang sudah lebih dulu eksis seperti Cleveland Misfit, Ace Deluxe, Ace Scrambler, dan Heist yang berkubikasi lebih kecil.

Hal yang menarik dari motor ini yaitu menyasar segmen yang minim pesaing. Hanya sedikit motor 400 cc di Indonesia, dan yang bergenre cafe racer lebih kecil lagi.

Hendra Setiawan, Direktur Utama PT Sumatra Motor Indonesia (SMI), APM Cleveland di Indonesia tidak menampik Ace Cafe 400 berada di kelas yang kurang familier. Namun hal itu justru jadi kelebihan tersendiri buat produknya. “Kebetulan prinsipal kita membuat motor seperti ini. Jadi kalau kita bicara Ace Cafe 400 bisa dibilang segmented tapi tidak juga, sebab kita lihat sekarang ini pecinta motor sudah mulai beragam, cafe racer juga salah satunya, dan konsumen sekarang juga mulai tertarik dengan motor yang bisa dibilang middle segment, tidak terlalu besar atau kecil,” kata Hendra kepada Kompas.com, Jumat (5/7/2019).

Hendra melihat Cleveland Ace Cafe 400 justru bisa diterima oleh konsumen sebab motor-motor dengan kubikasi ”tanggung” bisa jadi jalan keluar antara hobi dan rutinitas, terutama buat mereka yang berada di kota-kota besar. “Konsumen mulai tertarik dengan motor yang tidak terlalu besar atau kecil karena masih enak buat diajak bawa harian,” kata Hendra.

Artikel ini tayang di Kompas.com dengan judul “Cleveland Ace Cafe 400 Sasar Segmen Minim Pesaing”, https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/06/094200315/cleveland-ace-cafe-400-sasar-segmen-minim-pesaing.
Penulis : Gilang Satria
Editor : Agung Kurniawan